Marching Bell dan Belira dalam seni pertunjukan Drumband

Drumband merupakan sekumpulan barisan orang yang memainkan satu atau beberapa lagu dengan mempergunakan beberapa kombinasi instrumen musik secara berbarengan. Instrument yang dipakai dalam penampilan drumband bisa diklasifisikan ke dalam beberapa kategori berdasarkan jenis dan cara memainkannya. Di antaranya yaitu instrument music tiup, instrument music perkusi, instrument pit (statis), dan instrument bendera.

Kali ini akan membahas dua jenis alat music yang termasuk dari golongan instrument pit, yaitu Marching Bell dan Belira/Bellyra. Kedua alat music ini merupakan instrument yang sama-sama terbuat dari deretan batangan logam Aluminium yang disusun sesuai tangga nada dan dimainkan dengan cara dipukul. Selain itu Marching Bell dan Belira mempunyai persamaan dalam hal perannya dalam permainan music Drumband dan Marching Band yaitu perannya untuk menghasilkan bunyi melodi yang merupakan inti dari lagu. Kedua alat music tersebut dimainkan dengan mempergunakan stik berujung bundar yang terbuat dari plastic yang dipukulkan. Saat dipukulkan, batangan Aluminium tersebut akan mengeluarkan nada sesuai urutan notnya. Para pemain selain harus menjaga keharmonisan nada tetapi juga menahan keseimbangan karna Marching Bell dan Belira tersebut digunakan sambil berjalan.

Alat ini mempunyai berat sekitar 5 kg. Biasanya pemain Marching Bell atau Belira sering mengalami lebam-lebam di bagian-bagian tertentu yaitu di bagian paha dan loengan kiri yang menjadi tempat tumpuan alat tersebut yang memang cukup berat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *